NEWS UPDATE :

Senior dan Keangkuhan

29/07/11

Berita dari kitab suci menceritakan bahwa iblis melakukan dosa besar dengan tidak melaksanakan perintah Alah memberi hormat pada Adam makhluk yang baru diciptakan jauh setelah keberadaannya.
Perasaan "SENORITAS" itu membawa petaka. Pada akhirnya iblis terusir dari surga demi egoisme dan perasaan tinggi hatinya terhadap Adam.
Perasaan senioritas inilah yang kemudian melahirkan kesombongan si Iblis. Sombong itu kemudian yang menisbahkan dia menjadi makhluk terkutuk sepanjang zaman.
apa yang salah dari senioritas? Senioaritas tidak akan pernah salah jika senioritas dipandang sebagai kewajiban memberi kontent kebaikan pada juniornya. Kewajiban membimbing, memberi, membina, mengajarkan dan melindungi. Dalam konteks itu sneioritas menjadi indah.
Tetapi senioritas jika dipandang sebagai akses untuk mendapatkan fasilitas dan kumpulan hak-hak ekslusif, disitulah potensi bahayanya. Senioritas model seperti ini cukup seksi untuk menggoda pemiliknya menjadi orang yang dilayani  dan dihormati akan mengantarkan perasaan "merasa lebih" dalam segala hal. Perasaan lebih itulah yang akhirnya dulu membuat Iblis terusir dari surga.
Saya  teringat pada kelakar seorang teman yang sarat makna, Beliau berkata "Apalah arti pangkat dan tingkatan kalau tidak menggamabrkan konstribusinya, lebih baik jadi prajurit tapi dan berjiwa dan berkontribusi seperti Perwira, daripada jadi Perwira tapi berjiwa dan berkontribusi seperti prajurit. Memang ada-ada saja teman saya itu, tapi mungkin juga sedikit ada benarnya.

Oleh : Sani bin Husain Alhamali, S. Si

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright PKS Samarinda Ulu 2012 | Design by PKS TEMPLATE | Powered by Blogger.com.