NEWS UPDATE :

Mengapa Anak Berbohong ?

10/03/12


Husnul Khatimah Umar, S.Psi
Apakah anda pernah menemui anak yang gemar berbohong ? Sampai-sampai anda sulit membedakan yang mana fakta dan yang mana karangan ketika mendengar anak itu bercerita pada anda ?
Nah, mari kita melihat lebih dalam mengapa anak-anak menjadi gemar berbohong, karena tentu hal itu tidak terjadi dengan sendirinya, pasti ada sesuatu yang membuat mereka menjadi seperti itu.
Saat masih kuliah dulu, saya tertegun ketika membaca kutipan dalam sebuah buku : “ Anak-anak berbohong terutama untuk melindungi diri, dan kebohongan mereka akan menjadi-jadi di lingkungan yang menebar ketakutan. “
Marilah kita tengok kehidupan kita sehari-hari bersama anak-anak kita. Ketika anak kita melakukan kesalahan apa yang kita biasa lakukan ?
Apakah kita bertanya dengan lembut mengapa mereka melakukan perbuatan itu? Atau Apakah kita justru spontan marah dan langsung menasehatinya ? Apakah kita menanyai mereka dengan nada “intrograsi” yang tinggi, sehingga membuat mereka takut kepada kita dan akhirnya terpaksa “berbohong” untuk melindungi diri ?
Ketika anak-anak kita senang berbohong itu justru adalah tanda bahwa anak-anak kita sebenarnya tidak nyaman dan merasa tidak aman berbincang dengan kita.
Saya kemudian terpikir, jangan-jangan kita, orang dewasa yang berada disekitar mereka yang justru membuat mereka jadi seperti itu karena bukankah tidak ada anak-anak yang sengaja terlahir sebagai pembohong?

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright PKS Samarinda Ulu 2012 | Design by PKS TEMPLATE | Powered by Blogger.com.