NEWS UPDATE :

Delegasi Thailand & Malaysia Lakukan Dialog Terkait Persoalan Ketahanan Keluarga

02/04/12


Jakarta - Bidang Perempuan DPP Partai Keadilan Sejahtera(PKS) pada 1–4 April 2012 menerima delegasi dua negara tetangga, yaitu Thailand dan Malaysia. Utusan Malaysia berasal dari Yayasan IKRAM, yaitu sebuah lembaga sosial dan dakwah yang memiliki ranah kerja di antaranya memperjuangkan isu-isu perempuan berlandaskan syari'at baik di tingkat nasional maupun internasional dan membela hak-hak perempuan sesuai dengan yang digariskan Islam; membangun potensi serta kepimpinan perempuan untuk berkonstribusi pada pembangunan ummat. Sementara delegasi dari Thailand berasal dari Yayasan ASSALAM, yaitu sebuah lembaga yang bergerak di bidang dakwah, sosial, dan kemasyarakatan. Yayasan ini memiliki mitra kerja dengan universitas islam terbesar di Thailand, yaitu Yala Islamic University".

Delegasi kedua negara yang berjumlah 40 orang tersebut akan melakukan studi banding terkait tema ketahanan keluarga yang searah dengan tema sentral yang diusung dan direalisasikan oleh Bidang Perempuan PKS di seluruh provinsi Indonesia.

“Kunjungan delegasi Yayasan ASSALAM, Thailand dan Yayasan IKRAM, Malaysia ini merupakan penghargaan yang luar biasa kepada Bidang Perempuan PKS terkait upaya mengokohkan keluarga Indonesia yang sedang kami lakoni”, jelas Anis Byarwati, S.Ag, M.Si, Ketua Bidang Perempuan DPP PKS. Saat ini, lanjut Anis, Bidang Perempuan PKS tengah melakukan berbagai upaya untuk mengajak seluruh eleman bangsa guna bersatu padu menguatkan dan meningkatkan kualitas keluarga melalui Gerakan Pengarusutamaan Keluarga (PUK). Melalui gerakan ini, salah satunya PKS menginginkan agar persoalan keluarga dijadikan sebagai sebuah nomenklatur dalam pembangunan dan menjadi leading sector dalam struktur pemerintahan.

“Bagaimanapun, ketika kita merujuk persoalan bangsa, seperti korupsi, kemiskinan, dan rendahnya status kesehatan masyarakat, faktor kualitas keluarga sangat mempengaruhi. Oleh karena itu, sudah saatnya dilakukan sebuah gerakan sistematik dan terpadu untuk menjadikan entitas keluarga sebagai basis transformasi sosial bangsa dan dasar pengambilan kebijakan”, tegas Anis Byarwati.

Selama kunjungan, delegasi dari Thailand dan Malaysia ini akan melakukan sharing pengalaman dan diskusi dengan fungsionaris Bidang Perempuan DPP PKS, di antaranya tentang pornografi, perdagangan anak dan perempuan, upaya peningkatan kapasitas ekonomi keluarga, dan ketahanan keluarga. Selain itu, mereka juga akan melakukan silaturrahim dan berdialog dengan berbagai elemen masyarakat, seperti pelajar sekolah menengah, organisasi masyarakat, anggota legislatif daerah dan pusat, aktivitas LSM, pejabat daerah, dan pejabat negara. Di antaranya akan bersilaturrahim dengan pengurus Lembaga Kajian Ketahanan Keluarga Indonesia (LK3I), pengurus Ormas Salimah; Presiden PKS, Ustadz Luthfi Hasan Ishaaq, M.A.; walikota Depok, DR. Nur Mahmudi Ismail; dan Menkoinfo, Ir. Tifatul Sembiring.

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright PKS Samarinda Ulu 2012 | Design by PKS TEMPLATE | Powered by Blogger.com.