NEWS UPDATE :

KOTA BARU DI SAMARINDA KEBUTUHAN MENDESAK, SAMARINDA AKAN MEKAR DALAM 3 SUDUT KOTA BARU.

02/04/12


Beberapa Fraksi di DPRD Samarinda mendukung jika Pemkot Samarinda membangun kota baru . Pengembangan kota baru kebutuhan mendesak mengingat kepadatan penduduk Kota Samarinda. Demikian dikatakan Anggota DPRD Samarinda, Ahmad Munir ketika ditemui di ruangannya, Jumat (9/3).

"Pusat kota yang ada saat ini sudah menjadi pusat semua kegiatan. Ekonomi, pemerintahan, perumahan sehingga terlalu padat. Sehingga perlu suatu kawasan kota baru dan ini mendesak. Kalau perlu buat pemerintahan baru di Samarinda Seberang, tepatnya di perbatasan antara Samarinda Seberang dan Palaran," kata Munir.

Ia menilai dengan berpindahnya kantor pemerintah otomatis membagi konsentrasi warga.
Samarinda Seberang, jika dibandingkan dengan sebelah utara Samarinda seperti Sempaja lebih mendukung dari segi kemudahan akses. Hal itu tentunya bersesuaian dengan apa yang sempat dicetuskan Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak.

Dukungan juga disampaikan Fraksi PKS. Tapi untuk lokasi, PKS lebih memilih dikembangkan di Samarinda Utara, mengingat bandara akan ada disana. Juga bila dilihat dari kemudahan akses didaerah tersebut. Juga dengan pertimbangan lokasi tersebut relatif tinggi sehingga jauh dari banjir.

"Konsentrasi pemekaran kota nantinya harus mempertimbangkan kontur fisik daerah. Supaya pembangunan daerah baru di daeah yang relatif tidak banjir. Saya merasa titik seperti itu di Samarinda Utara masih ada," kata Sarwono, Ketua Fraksi PKS DPRD Samarinda. (*)Pemerintah kota Samarinda mendukung adanya kota baru di Samarinda sesuai masukan Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak beberapa saat lalu. Demikian dikatakan Wakil Walikota Samarinda Nusyirwan Ismail ketika ditemui di Balaikota, Kamis (8/3).

Menurut Nusyirwan, ada zona - zona baru yang memang mendukung dan memungkinkan sesuai visi Kota Samarinda menuju kota metropolitan. Seperti Palaran yang sangat mungkin untuk dikembangkan, begitu juga dengan Sempaja, Samarinda Utara. Termasuk Loa Buah dan Lok Bahu.

Perkembangan kota baru dikawasan itu akan terintegrasi dengan pertumbuhan ke arah Kutai Kertanegara. Dan juga daerah makroman Palaran.

Kota Samarinda menurut Nusyirwan akan mekar di tiga sudut. "Satu tertarik ke arah Samarinda Seberang dan Palaran yang jika diteruskan akan sampai ke Kutai Kertanegara, Handil dan Balikpapan. Kedua, di seputaran Bandara Sungai Siring akan tertarik sampai ke Bontang. Sudut ketiga berada di Kawasan JL Suryanata, Sempaja, nantinya Jl HM Ardans akan tersambung dengan Tenggarong.

Dikemukakan, selain harus bersesuaian dengan Perda Tata Ruang, juga harus sesuai dengan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). Untuk mendapatkan kejelasan arah pembangunan, siapapaun nantinya investor yang akan memprakarsai pembangunan kota baru ini, harus melalui proses pemaparan (ekspose) dihadapan instansi terkait. (*)

Sumber :
http://kaltim.tribunnews.com/2012/03/09/samarinda-akan-mekar-dalam-3-sudut-kota-baru
http://kaltim.tribunnews.com/2012/03/09/kota-baru-di-samarinda-kebutuhan-mendesak
Gambar diatas Tulisan ini hanya-lah Ilustrasi, bisa menjadi nyata ataupun tidak.

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright PKS Samarinda Ulu 2012 | Design by PKS TEMPLATE | Powered by Blogger.com.