NEWS UPDATE :

Pemindahan Sekolah Tergesa-gesa

07/05/12


WWW.KALTIMPOST.CO.ID ,SAMARINDA – Ribut-ribut pemidahan SMP 1 dan SMA 1 ke gedung baru di Jalan Kadri Oening, berbading terbalik dengan kesiapannya. Pasalnya, untuk gedung SMP 1, masih banyak pekerjaan yang belum terselesaikan.

Kepala SMP 1 Samarinda Djoko Iriandono mengaku, di gedung baru hanya tersedia 12 ruang kelas belajar, ruang kepala sekolah, ruang guru tata usaha (TU), dan laboratorium multimedia. Selebihnya belum dibangun.

“Masih kurang 21 ruang kelas. Keterlambatan karena pemenang tender baru ditetapkan akhir April. Jadi awal Mei baru dibangun,” terangnya. Ia menambahkan, untuk tahun ajaran baru, hanya siswa baru yang menempati gedung baru, sisanya memakai gedung lama.
“Pemindahan akan kami lakukan pada 15 Juli nanti. Tapi untuk kelas VII saja. Nanti pada ajaran baru 2013 baru pindah semuanya,” jelasnya.

Persiapan berbeda justu terlihat di pembangunan SMA 1 Samarinda. Di sini, semua aspek belajar sudah siap. Sehingga pemindahannya sudah siap pada 15 Juli nanti.

“Sudah ada 31 ruang kelasa siswa, ruang guru, ruang tata usaha, kafeteria, masjid, perpustakaan, gedung kegiatan siswa, toilet dan lainnya. Yang belum selesai hanya satu gedung untuk 8 laboratorium,” jelas Kepala SMA 1 Samarinda Suwardi.

Namun, kata dia, masalah yang dihadapi saat ini adalah pemindahan inventarisasi sekolah, seperti bangku dan berkas-berkas penting. Tidak hanya masalah pembangunannya, masalah lain seperti jalan dan penunjang keselamatan pun belum diselesaikan Pemkot Samarinda.
Sekretaris Komisi III DPRD Samarinda Mursyid AR mengatakan, akses jalan menuju gedung baru sekolah berstandar internasional itu tidak layak. “Jika hujan, jalan becek seperti lumpur,” ungkapnya.

Menurutnya, bantuan APBD Provinsi 2012 sebesar Rp 1 miliar yang digelontorkan, hanya mengakomodasi perbaikan Musala At-Taqarrub hingga blok A Perumahan Wartawan Indonesia di Jalan Kadri Oening. Hal ini berarti belum termasuk pembuatan jalan menuju Jalan HM Ardans yang merupakan akses menuju gedung sekolah yang baru.

Jika pemkot ngotot memindah kedua sekolah ini Juli mendatang, maka, lanjut dia, pemkot harus mampu mencari dan menggunakan dana pendamping. “Ini sudah bulan Mei, kalau sudah harus dipindah Juli, harus dikebut,” tuturnya. (*/ros*/bby/luc/wan)

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright PKS Samarinda Ulu 2012 | Design by PKS TEMPLATE | Powered by Blogger.com.