NEWS UPDATE :

Belum dapat Layanan PDAM, Mayoritas di Samarinda Utara

02/04/12


SAMARINDA - Kota Tepian memiliki 11 Instalasi Pengolahan Air (IPA). Namun hal itu belum menjamin ketersediaan air bersih untuk warga. Total kapasitas produksi 11 IPA itu masih rendah, hanya sekitar 2.167,5 liter per detik. Sementara asumsi ideal produksi harusnya menyentuh 2.500 liter per detik.
Humas PDAM Samarinda Syarif Rahman Hakim mengatakan, jika jumlah ideal 2.500 liter per detik mampu dipenuhi PDAM, maka layanan air bersih untuk masyarakat bisa terjamin. Saat ini tambahnya, jumlah pelanggan yang terdaftar di PDAM sebesar 108.000 rumah. Dengan daftar tunggu mencapai 3.000 rumah.
Daftar tunggu katanya, belum bisa dilayani karena beberapa faktor. Salahsatunya pipa distribusi yang belum masuk di kawasan daftar tunggu tersebut. “Mayoritas daftar tunggu berada di Samarinda Utara, khususnya di daerah perumahan seperti di Kelurahan Sempaja, Kelurahan Sempaja Utara, dan Lempake,” ujar Syarif.
Selain itu, lanjut Syarif, pihaknya meminta pada pelanggan yang belum mendapatkan air bersih bersabar. Pemasangan secepatnya akan dilakukan, tentu dengan melihat sejak kapan warga tersebut mendaftar. “Kapan selesai kami belum bisa menjamin, namun pemasangan jaringan dan penambahan pipa akan disegerakan,” tutupnya.
Dia mengatakan saat ini PDAM berupaya melakukan perbaikan jaringan dan pipa untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat. Imbas dari perbaikan itu, PDAM melakukan distribusi air secara bergilir pada kawasan tertentu.
“Saat ini distribusi air PDAM memang belum maksimal. Namun upaya yang dilakukan untuk memperbaiki distribusi sudah kami lalukan. Yakni dengan menambah kapasitas di beberapa IPA,” terangnya, kepada Kaltim Post, kemarin.
Untuk diketahui dari 11 IPA yang dimiliki Samarinda, yang mempunyai kapasitas produksi terbanyak adalah IPA Cendana, yakni 600 liter per detik (lihat grafis). Sementara yang terendah pada IPA Lempake yaitu hanya 10 liter per detik. (luc/ran)


Sumber :http://www.kaltimpost.co.id/index.php?mib=berita.detail&id=131021#

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright PKS Samarinda Ulu 2012 | Design by PKS TEMPLATE | Powered by Blogger.com.