NEWS UPDATE :

Penyakit Usus Buntu

23/05/12


Penyakit Usus Buntu atau bahasa medisnya appendicitis adalah infeksi pada umbai cacing atau apendiks karena tersumbatnya rongga usus oleh fekalith (kotoran yang membatu) atau cacing usus yang kemudian memicu terjadi infeksi pada bagian usus itu.

Penyebab
Penelitian menunjukkan peran kebiasaan makan makanan rendah serat dan pengaruh sembelit/konstipasi terhadap timbulnya usus buntu. Sembelit ini akan mempermudah timbulnya usus buntu. Makanan memainkan peran utama pada pada pembentukan kotoran (feses) yang membatu yang menyumbat usus dan memicu terjadinya usus buntu. Kejadian usus buntu jarang di negara yang sedang berkembang, dimana diet dengan tinggi serat dan konsistensi feses lebih lembek.

Gejala Klinis
Gejala penyakit ini dimulai dengan ketidaknyamanan perut dibagian atas, diikuti dengan mual dan penurunan nafsu makan. Nyeri menetap dan terus menerus, tapi tidak begitu berat dan diikuti dengan kejang ringan didaerah epigastrium, kadang diikuti pula dengan muntah, kemudian beberapa saat nyeri pindah ke abdomen kanan bawah. Nyeri menjadi terlokalisir, yang menyebabkan ketidakenakan waktu bergerak, jalan atau batuk. Penderita kadang juga mengalami konstipasi/sembelit tetapi kadang juga terdapat diare. Penderita usus buntu biasanya ditemukan ditemukan terbaring di tempat tidur serta memberkan penampilan kesakitan. Pada perut bagian kanan bawah, menghasilkan nyeri terutama bila penderita disuruh batuk dan bila diraba perut akan terasa mengeras dan tegang. Kadang-kadang, pada pasien ini usus buntu juga terdapat demam yang membuat penderitanya merasa seperti meriang dan kurang enak badan. Sebaiknya bila anda menderita gejala-gejala di atas, maka sebaiknya segera konsultasi ke dokter.

Pengobatan
Bila dapat dipastikan bahwa kita positif menderita usus buntu, maka jalan terbaik adalah dengan jalan operasi usus buntu (Apendiktomi) yakni dengan mengangkat usus itu. Usus buntu yang sudah rusak tadi harus diangkat karena dapat pecah dan sangat berbahaya bagi tubuh serta dapat menyebabkan komplikasi yang jauh lebih berat

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright PKS Samarinda Ulu 2012 | Design by PKS TEMPLATE | Powered by Blogger.com.